Cara Membuat Headline Artikel Viral untuk Memikat Perhatian Orang

Cara Membuat Headline Artikel Viral

Laju perkembangan internet semakin pesat, oleh karenanya hampir setiap jam ditemukan artikel baru yang diunggah. Artikel-artikel tersebut memperebutkan peringkat pertama di mesin pencarian. Tak heran jika berbagai upaya dilakukan untuk mendapatkan keviralan.

Salah satu hal paling mendasar untuk mendapatkan respon publik adalah headline yang membuyarkan lamunan. Namun masih banyak yang belum mengerti bagaimana cara membuat headline artikel yang menarik.

Click” Bukan “Clickbait

Fenomena clickbait akhir-akhir ini marak di Internet. Saking maraknya, hingga lahirlah yang namanya Clickbait Media. Virus clickbait menyebar secara masif dan terang-terangan sebagai pondasi untuk mengantongi jumlah pembaca yang banyak.

Permainan psikologis mengambil peran besar dalam fenomena ini. Headline bombastis cenderung memanipulasi otak pembaca, yaitu ketika jempol lebih dulu bergerak daripada respon otak.

Ditambah lagi keberadaan jumlah ‘like’ yang banyak seolah membuat artikel tersebut valid. Tidak banyak pembaca yang melakukan cross check terhadap sumber tulisan sehingga rentan memakan hoaks.

Biasanya headline clickbait mengandung embel-embel kata seperti, ‘Viral’, ‘Heboh’, ‘Wow’, ‘Ini Dia’, dan kata serupa. Tetapi yang perlu diingat adalah artikel clickbait bukan sesuatu yang benar dan menyalahi kaidah penulisan.

Lantas bagaimana caranya meraup banyak pembaca tanpa melibatkan clickbait? Yaitu dengan menggunakan headline yang ‘click’, bukan ‘clickbait’. Apa bedanya?

Click artinya headline yang ditampilkan menarik dan juga memiliki relevansi penuh dengan isi artikelnya. Sedangkan clickbait adalah judul heboh yang menarik perhatian tanpa memiliki keterkaitan dengan isi artikelnya.

Tertarik mempelajari cara agar viral dalam membuat headline artikel yang click? Pahami langkah-langkah berikut ini.

Riset Kata Kunci Headline Artikel Viral

Sebelum membuat artikel, langkah pertama yang harus ditempuh oleh penulis artikel adalah melakukan riset. Riset adalah aspek dasar dalam menulis. Riset merupakan hal ilmiah yang berbasis data.

Berikut beberapa langkah sederhana dalam melakukan riset. Pertama, pikirkan topik atau tema artikel. Lanjutkan dengan menemukan kata kunci dan melacaknya di mesin pencarian. Manfaatkan beberapa tools yang bisa digunakan untuk melihat volume pencarian perbulan dan daftar kompetitornya. Cukup mudah, bukan?

Kuncinya, jika ingin artikel viral maka harus tahu bacaan apa saja yang diminati oleh pasar. Karena sebagus dan semenarik apapun headline dan artikel yang dibuat, tidak akan viral jika tidak ada yang mengunjunginya. Dengan melakukan riset, maka gambaran terkait apa yang diminati pembaca akan terlihat lebih jelas.

Pahami Tipe Headline Artikel Viral

Headline yang ada mesin pencarian memang sangat banyak, namun ketika dicermati secara seksama maka akan ditemukan pola yang sama. Ternyata ada model headline yang sangat digemari oleh pembaca. Berikut unsur-unsur yang terkandung dalam headline tersebut.

Pertama adalah memancing rasa ingin tahu pembaca. Rasa ingin tahu merupakan fitrah dasar yang dimiliki oleh manusia, tak heran jika sifat ini dijadikan celah untuk membuat headline yang viral.

Rasa ingin tahu tersebut mudah dipancing dengan memberikan sedikit informasi di headline. Selebihnya pembaca akan mencari tahu lebih banyak untuk mengisi ketidaktahuannya tentang informasi yang ada di artikel.

Kedua adalah menampilkan angka. Keberadaan angka pada sebuah headline memang sangat mencolok mata. Banyak penulis yang menerapkan prinsip ini untuk mendapatkan artikel yang viral.

Hal ini dikarenakan pembaca cenderung mempercayai prediktabilitas yang pasti. Keberadaan angka di headline menjadikan artikel terlihat kredibel dan substansial.

Ketiga adalah memuat unsur negatif. Superlatif merupakan bentuk kata sifat yang berfungsi untuk membandingkan, seperti kata ‘terbaik’, ‘terbesar’, dan sebagainya. Namun secara fakta, pembaca lebih banyak yang tertarik dengan penggunaan superlatif bernada negatif, seperti ‘terburuk’, ‘terjelek’, dan sebagainya.

Tidak hanya itu, unsur larangan juga menjadi pilihan beberapa penulis artikel. Kata yang sering digunakan seperti, ‘jangan’, ‘hindari’, dan lainnya. Hal ini dinilai efektif karena unsur negatif cenderung memberikan kejutan bagi pembacanya.

Keempat adalah memberi petunjuk. Contoh headline seperti, ‘Bagaimana Cara’, ‘Langkah Membuat,’ dan lain sebagainya sangat diminati pembaca. Hal ini juga didasari sifat fitrah manusia yang selalu ingin tahu dan selalu ingin belajar.

Kelima adalah menonjolkan informasi spesifik. Fakta yang disukai oleh pembaca adalah fakta yang bersifat konkret dan terukur. Letakkan sepotong informasi spesifik dari artikel pada headline. Langkah ini akan menambah tingkat kepercayaan pembaca karena artikel ditulis dengan riset yang mendalam.

Libatkan Peran Psikologis Pembaca

Keviralan yang dihasilkan oleh artikel clickbait tidak lepas dari peran psikologis pembaca. Tak ada salahnya mengambil aspek ini, selama isi artikel masih relevan dengan headline yang dipaparkan.

Posisi penulis adalah menghadirkan pembaca sebagai bagian dari headline tersebut. Salah satunya adalah dengan menggunakan sudut pandang pertama, seperti penyebutan ‘kamu’ atau ‘Anda’ agar headline terdengar lebih akrab.

Cara membuat postingan viral dengan konstruksi headline semacam ini cenderung menyita perhatian pembaca karena merasa memiliki keterkaitan. Sehingga secara naluri, pembaca akan mencari tahu lebih dalam.

Secara garis besar, aspek psikologis tersebut didasari atas aspek spiritual, aspek empati, dan aspek kecerdasan intelektual. Ketika ketiganya bersatu, maka pembaca akan merasa menjadi bagian dari artikel tersebut.

Headline yang menarik merupakan salah satu kunci untuk menjadikan sebuah artikel viral. Sehingga, yang tertulis di atas patut untuk dipelajari dan dicoba. Namun perlu diingat, hal tersebut bukan sesuatu yang mutlak dan pasti.

Menulis merupakan proses kreatif yang bisa berkembang setiap saat. Jadi, mungkin saja beberapa hal cocok diterapkan, bisa saja tidak. Maka terus menulislah dan temukan formula viral yang kreatif.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *