Makanan Khas Salatiga

Makanan Khas Salatiga

Banyak orang mungkin tidak familiar dengan makanan khas Salatiga. Padahal ada beberapa jenis makanan, baik yang ringan maupun berat, berasal dari kota yang satu ini. Mulai rasa yang manis, hingga rasa gurih yang mantap, semuanya dijamin pasti membuat perut terasa lapar saat melihatnya. Ingin tahu lebih lengkap apa saja makanan khas Salatiga yang lezat tersebut? Yuk, intip dulu listnya di bawah ini.

Tumpang Koyor

Siang hari umumnya perut terasa lapar dan ingin menyantap berbagai macam makanan lezat. Nah, jika ini sering kalian alami, yuk coba makan tumpeng koyor di Salatiga. Tidak hanya mengenyangkan, tetapi juga rasanya sangat lezat di lidah. Walaupun sebenarnya jenis makanan yang satu ini berpotensi tinggi menimbulkan penyakit kolesterol atau darah tinggi. Maklum saja, tumpeng koyor terdiri dari otot, tulang muda serta tetelan daging sapi. Tapi, jangan khawatir, makanan ini juga menambahkan oseng daun papaya dan tempe busuk yang diolah dengan sedap. Sehingga ada manfaat serat juga yang bisa diperoleh saat menyantap makanan ini. Wah, seperti apa rasanya ya?

Gecok Kambing

Dari namanya terdengar lucu dan aneh, tapi siapa sangka rasanya sangat lezat dan bisa membuat banyak orang ingin memakannya lagi. Apalagi jenis makanan yang satu ini disiram oleh kuah santan yang gurih bercampur dengan bumbu-bumbu rempah yang sangat khas rasanya. Sehingga acara makan daging kambing tidak seperti biasanya. Ada sensasi kelezatan menggoda yang membuat pecinta daging kambing ingin menyantapnya berulang kali. Karena itu, bagi yang suka dengan makanan dengan menu daging kambaing, makanan khas Salatiga gecko kambing ini cocok untuk dicoba dan dijadikan pilihan.

Sate Sapi Suruh

Penggemar sate belum lengkap rasanya jika tidak mencoba untuk menikmati kuliner yang satu ini. Sate suruh, ini adalah makanan khas Salatiga yang lezat dan mengandung protein tinggi. Terbuat dari daging sapi yang empuk, seperti sate lainnya daging tersebut diolah bersama bumbu kacang dan kecap manis. Selain itu ditambahkan perasan jeruk nipis untuk cita rasa asam yang lebih nikmat. Sate ini bisa dinikmati dengan lontong, maupun menggunakan nasi putih. Mencarinya di seputar Salatiga juga mudah sekali. Jadi, jika berkunjung ke kota ini, wajib mencobanya ya!

Soto Esto

Ada berbagai macam soto di kuliner nusantara, salah satunya yang khas kota Salatiga yaitu soto esto. Tentu penasaran kan bagaimana bentuk soto yang satu ini. Nah, soto esto ini rupanya terdiri dari nasi putih, mie beras, irisan daging ayam, serta remahan kerupuk karak. Wah, menarik untuk dicoba ya? Karak sendiri dibuat dari nasi yang dikeringkan, lalu digoreng hingga siap di nikmati. Bercampur dengan kuah soto, tentu rasanya lebih lezat dan mantap.

Getuk Ketek

Nah, makanan khas Salatiga yang satu ini lebih cocok untuk selingan makan atau snack. Terbuat dari campuran ketela pohon dan kelapa membuat getuk ketek ini terasa lezat di lidah. Bila berwisata ke kota Salatiga, saying rasanya jika tidak mencoba untuk membeli oleh-oleh makanan ringan tersebut. Tidak hanya terdiri dari satu rasa, tetapi ada beberapa pilihan rasa sesuai selera yang bisa dicoba.

Itu tadi beberapa makanan khas Salatiga yang patut untuk dicoba. Jika berwisata ke area seputar kota Salatiga, jangan lupa sempatkan waktu untuk mencicipi menu di atas. Entah sekedar untuk sarapan, atau untuk menu makan siang maupun makan malam. Awas ketagihan ya! Temukan resep masakan nusantara hanya di blog https://makananoleholeh.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *