Megahnya Tebing Alam dan Sejuknya Air Terjun Yang Menyatu di Likunggavali

Tebing Likunggavali

Kali ini, tim Sanjayo membawa saya ke salah satu objek wisata yang terletak di Desa Uevolo, Distrik Siniu, Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah. Kota yang terletak di pantai Teluk Tomini ini juga dikenal sebagai kota wisata. Uevolo memiliki beberapa tempat menarik yang patut dicoba. Namun, kali ini saya ingin fokus pada Likunggavali, objek wisata yang menawarkan air terjun dingin dan tebing batu alam yang luar biasa.

Dari kota Parigi, ibukota Kabupaten Parigi Moutong, perjalanan ke desa Uevolo dapat ditempuh selama ± 30 menit dengan sepeda motor. Dari ibu kota provinsi pusat Sulawesi (Palu), perjalanan memakan waktu ± 2 jam.

Sesampainya di desa Uevolo, kami berhenti di depan gerbang yang bertuliskan ‘Obyek Wisata Likunggavali’, lalu kami menanjak di jalan yang curam dan berbatu. Sekitar 400 meter dari jalan, kami disambut oleh sebuah tebing bertuliskan “Komunitas Panjat Tebing Merah Putih di Sulawesi Tengah”.

Selanjutnya, kita berjalan melewati perkebunan cokelat. Untungnya, jalan ini telah disemen untuk memudahkan akses pengunjung. Setelah menurun beberapa langkah, telinga kami mulai mendengar suara khas air yang mengalir. Segera setelah itu, kami mencapai sungai yang sangat jernih dengan batu-batu di sekitarnya.

Setelah menyeberangi sungai, kami menyusuri jalan setapak, mencari tempat yang tepat untuk mendirikan tenda. Setelah itu, kami mengalami masalah perut dengan mie instan menjadi hebat lagi.

Tidak jauh dari tempat tenda kami berada, kami melihat beberapa tenda lain dengan berbagai alat panjat berkeliaran di sekitar mereka. Seorang teman dari tim Sanjayo mengenali bendera yang berkibar di depan toko.

“Mereka adalah anak-anak Mapala Santigi,” katanya.

“Bagaimana kamu tahu?”

“Benderanya. Aku juga putra Mapala Santigi. Kelas 17,” jawabnya. Kemudian dia berjalan menuju bendera yang memberinya cara untuk bersyukur atas kehidupan, yaitu untuk menjelajahi dan mencintai alam.

Segera setelah itu, saya juga mendekati tenda Mapala Santala. Tepat di depan tokonya, Tebung Likunggavali berdiri kokoh.

Tebing Likunggavali adalah tebing batu alam setinggi 100 meter. Pada 16 Maret 2009, tebing ini dinamai Pusat Pelatihan Regional (PUSLATDA) untuk panjat tebing oleh Dr. Adhyaksa Dault, M.Sc.

Kami merasa beruntung telah tiba ketika para pendaki berlatih. Mereka berusaha keras untuk menguji semua rute pendakian. Ketinggian jalur pendakian di Likunggavali mencapai 30 meter.

Beberapa kali aku cemburu ketika melihat mereka kesulitan menemukan tempat untuk berpegangan, dan akhirnya aku jatuh, atau lebih tepatnya menutup telepon karena mereka menggunakan tali pengaman. Meskipun saya tertarik untuk mencoba mendaki, saya menolak ketika ditawarkan. Kami tidak harus membuktikan semuanya. Dalam beberapa kasus, itu bagus. Kami senang menjadi penonton.

Ah ya, tebing Likunggavali telah melahirkan banyak atlet. Salah satunya adalah Aspar Jaelolo, yang telah memenangkan beberapa medali emas di dunia panjat tebing.

Sebagai desa wisata, pemerintah Desa Uevolo juga menawarkan penyewaan peralatan berkemah dan layanan panjat tebing. Jika Anda memiliki waktu luang, orang-orang muda yang menjadi anggota komunitas panjat tebing merah dan putih Likungvali juga bersedia menemani kunjungan Anda, sambil memberi tahu Anda banyak tentang Likunggavali dan desa Uevolo. Jangan lupa menawarkan kopi untuk membuat suasana lebih akrab.

Pada bulan November 2019, Likunggavali akan menjadi tuan rumah Festival Tebing Alami Indonesia. Ayo teman!

Setelah puas menyaksikan para pendaki berlatih, kami menyusuri sungai untuk melihat air terjun di Likunggavali. Air terjun di tempat ini terbagi menjadi beberapa titik dengan ketinggian berbeda. Ada air terjun yang jatuh di atas batu berbentuk seperti kuali / penggorengan. Air terjun ini adalah latar belakang nama Likunggavali dari kata kavali. Salah satu entri dalam bahasa Kaili, yang berarti kuali / penggorengan.

Pada saat itu kami berjalan menuju air terjun keempat. Sebenarnya, masih ada titik air terjun lain yang belum kami kunjungi, tetapi karena sudah larut, kami memutuskan untuk kembali ke toko.

Keberuntungan ada di pihak kita lagi. Ketika kita siap untuk tidur, kita memiliki tamu istimewa. Puluhan atlet panjat tebing dari Sulawesi Tengah datang untuk mencoba tebing Likunggavali besok. Meskipun kami tidak dapat melihat mereka beraksi karena kami kembali ke rumah ketika sesi pelatihan belum dimulai, kami bangga berada di tengah-tengah pahlawan panjat tebing yang akan menganugerahkan nama Sulawesi Tengah di masa depan.