Pengertian Akuntansi Manajemen Secara Umum Dan Menurut Para Ahli

Pengertian Akuntansi Manajemen

Untuk pengertian akuntansi manajemen dapat dijadikan sebagai acuan dalam setiap operasional bisnis kecil maupun perusahaan besar. Dalam akuntansi manajemen sendiri merupakan sebuah kegiatan yang setiap saat dilakukan dalam operasional perusahaan atas pengambilan keputusan dan pengawasan.

Pengertian Akuntansi Manajemen Secara Umum

Secara umum akuntansi manajemen diartikan sebagai suatu sistem akuntansi yang berhubungan dengan ketentuan serta penggunaan dari informasi akuntansi untuk keperluan manajerial. Oleh sebab itu untuk akuntansi manajemen ini sering disebut juga dengan akuntansi manajerial.

Dalam suatu organisasi / lembaga, informasi tentang laporan akuntansi dapat memberi suatu dasar keputusan yang diambil oleh pihak manajemen. Hal tersebut berguna pula untuk pihak manajemen supaya lebih siap atas pengelolaan dan pengontrolan.

Jadi untuk satu bidang akuntansi yang satu ini memiliki fungsi yang jauh lebih spesifik. Sebab pihak yang paling membutuhkan pembukuan dalam akuntansi manajemen hanya merupakan staff managemen dalam suatu perusahaan. Sedangkan pihak lain yang terlibat tidak mempunyai peran yang begitu besar di dalamnya.

Pengertian Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli

Di bawah ini terdapat beberapa definisi dari akuntansi manajemen menurut para ahli :

CIMA (Chartered Institute of Management Accountant)

Akuntansi manajemen ialah suatu proses mengidentifikasi, mengukur, mengakumulasi, menganalisis, menyusun, interpretasi serta mengkomunikasikan suatu informasi. Informasi tersebut akan dipergunakan oleh pihak manajemen dalam merencanakan, mengevaluasi serta mengendalikan entitas guna memastikan bahwa informasi sesuai atas akuntabilitas dari penggunaan sumber daya yang ada.

Selain itu akuntansi manajemen juga dapat diartikan proses menyusun laporan keuangan bagi kelompok non managemen, namun memiliki kepentingan. Kelompok tersebut meliputi pemegang saham, kreditur, otoritas pajak serta lembaga / badan pengatur.

AICPA / the American Institute of Certified Public Accountant

AICPA menyatakan bahwa akuntansi manajemen terbagi menjadi 3 bagian yaitu managemen strategi, managemen kerja dan managemen resiko. Untuk hal yang dimaksud dengan manajemen strategi hanya merupakan bentuk peran dari manajemen akuntansi.

Sedangkan untuk managemen kerja yakni proses untuk mengembangkan praktik dalam mengembalikan keputusan serta mengelola kinerja organisasi. Sementara itu untuk managemen resiko proses mengidentifikasi, pengukuran, pengelolaan dan pelaporan resiko atas mencapai tujuan organisasi.

Halim dan Supomo

Pengertian akuntansi manajemen adalah kegiatan yang menghasilkan suatu informasi keuangan bagi pihak manajemen atas dasar pengambilan keputusan. Proses pengambilan keputusan tersebut dalam rangka melaksanakan fungsi manajerial.

Mulyadi

Akuntansi manajemen yaitu suatu informasi keuangan yang telah dihasilkan dari tipe akuntansi manajemen dan dimanfaatkan oleh pemakai intern entitas.

Charles T Homgren

Akuntansi manajemen ialah suatu proses dalam mengidentifikasi, mengukur, mengakumulasi, menganalisa, menyiapkan, menafsirkan hingga mengkominikasikan informasi yang berhubungan dengan keuangan perusahaan. Setiap informasi yang dihasilkan diharapkan dapat membantu masing – masing pihak eksekutif untuk memenuhi tujuan organisasi.

Hartanto Op Cit

Akuntansi manajemen yaitu sistem informasi yang bermanfaat bagi pihak manajemen di dalam pengambilan keputusan yang bertujuan untuk memimpin dan mengendalikan perusahaannya.

Darsono Prawironegoro

Akuntansi manajemen merupakan sekumpulan tindakan dan proses akuntansi dengan tujuan mengukur dan mengevaluasi kinerja setiap orang yang terlibat. Proses evaluasi dilakukan atas dasar tolak ukur kinerja akan keuangan dan non keuangan. Lalu akuntansi ini juga mempunyai manfaat dalam merancang strategi dan rencana jangka panjang.

Berdasarkan atas pengertian akuntansi manajemen membuat Finata menjadi sangat bermanfaat. Dengan penggunaan Finata maka semua data yang telah dibuat dapat dipastikan tersimpan dengan sangat aman. Karena enkripsi transmisi data Finata sama dengan enkripsi pada bank.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *