Pengertian, Tujuan, dan Cara Membuat Neraca Saldo Setelah Penutupan

Cara Membuat Neraca Saldo Setelah Penutupan

Sisa saldo atau saldo setelah penutupan adalah daftar yang berisi nama-nama akun aktual dan saldo mereka pada akhir periode setelah proses penutupan. Sebelumnya telah dikatakan bahwa ada dua jenis akun atau akun yang diklasifikasikan menjadi dua, yaitu akun riil dan akun nominal.

Akun riil adalah akun yang saldonya ditransfer dari satu periode akuntansi ke periode berikutnya. Aset, utang, dan ekuitas termasuk dalam akun riil. Sedangkan akun nominal adalah akun yang mempengaruhi kenaikan atau penurunan nilai modal. Oleh karena itu, pada akhir periode, saldo nominal akan ditransfer ke akun modal melalui jurnal penutup. Hal ini dimaksudkan bahwa pada akhir periode akuntansi, semua akun nominal memiliki saldo nol. Akun pendapatan dan akun pengeluaran termasuk dalam akun nominal.

Baca juga : Metode Depresiasi

Manfaat lembar kerja akuntansi

Definisi lembar kerja adalah dokumen / daftar yang digunakan untuk mencatat, menyesuaikan, dan mengklasifikasikan semua akun dalam neraca percobaan dan dilakukan ketika perusahaan menyiapkan laporan keuangan.

Tujuan pembuatan neraca setelah penutupan

Seperti kita ketahui, saldo atau saldo setelah penutupan adalah daftar akun riil (aset, utang, dan ekuitas) pada periode pasca-penutupan. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa tujuan penyusunan saldo tes setelah penutupan adalah untuk memeriksa apakah saldo akun akuntansi dalam keadaan seimbang, ini penting sebelum awal pencatatan data akuntansi untuk periode berikutnya.

Baca juga : Cara Membuat Jurnal Umum

Seperti apa proses penutupan neraca?

Dalam proses membuat saldo percobaan penutupan, apa yang kami lakukan adalah sama dengan melakukan saldo percobaan sebelumnya, yaitu, kami menggunakan sumber data buku besar. Namun di sini perbedaannya unik, jika kita tidak lagi membuat estimasi nilai nominal dalam neraca percobaan.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *