Tips Memilih Laptop Untuk Programming

Tips Memilih Laptop Untuk Programming

Saat belajar pemrograman, tidak sedikit orang bertanya-tanya laptop jenis apa yang baik digunakan. Apalagi dengan lusinan merek dan ratusan jenis laptop yang tersedia di toko komputer yang semakin membingungkan kami saat memilih.

Jawaban untuk pertanyaan itu sangat sederhana. Semua laptop dapat digunakan untuk pemrograman. Eee, ada tombol. Meskipun semua laptop dapat digunakan untuk pemrograman, tetapi semakin tepat jenis laptop yang digunakan dengan jenis pemrograman yang dilakukan, semakin produktif pula seorang programmer. Juga, ada beberapa jenis pemrograman yang hanya dapat dilakukan pada laptop tertentu karena keterbatasan yang diberikan.

Kursus yang salah dalam belajar, apa yang harus dilakukan?

Secara umum, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih laptop untuk pemrograman, yaitu:

Portabilitas

Portabilitas adalah alasan utama mengapa programmer menggunakan laptop. Laptop memungkinkan kita untuk bekerja kapan saja, di mana saja dengan atau tanpa listrik (tetapi memiliki waktu terbatas).

Jika pembaca adalah tipe programmer yang akan bergerak banyak, maka laptop dengan ukuran layar 13 atau 14 inci adalah tipe laptop terbaik karena ukurannya yang relatif lebih kecil. Namun, jika tidak terlalu sering bergerak dan Anda memerlukan spesifikasi yang lebih tinggi, pilih laptop dengan layar 15 inci. Laptop dengan layar 15 inci umumnya (tidak selalu) memiliki spesifikasi lebih tinggi daripada laptop dengan layar 13 atau 14 inci.

Resolusi layar

Meskipun mungkin tampak sepele, kepadatan layar dapat memainkan peran yang sangat penting bagi seorang programmer. Ini karena sebagian besar waktu kita akan terbiasa melihat layar.

Sebagian besar laptop memiliki resolusi 1366×768. Resolusi ini tidak memiliki cukup ruang untuk multitask. Selain itu, teks yang ditampilkan juga tampak kurang tajam, tetapi cukup untuk pemrograman umum.

Resolusi terbaik adalah 1920 x 1080 atau yang biasa dikenal dengan Full HD. Resolusi ini memiliki ruang yang cukup untuk multitasking karena dapat menampilkan banyak jendela secara bersamaan tanpa kehilangan informasi yang diperlukan. Ketajaman layar juga sangat bagus dan pasti akan merusak tampilan.

Untuk layar beresolusi 1920 x 1080, umumnya hanya ada di komputer dengan spesifikasi cukup tinggi dengan layar 15 inci. Ada beberapa jenis laptop 13 atau 14 inci yang memiliki resolusi Full HD tetapi sangat jarang dan umumnya laptop kelas atas yang cukup mahal. Mau  beli komputer dengan harga terbaik? Kamu bisa beli di Toko Komputer Pekanbaru Jaya Mesin.

Sebenarnya ada jenis resolusi lain yang tersedia, layar 4K atau retina. Resolusi 4K adalah jenis resolusi yang mengukur 4096 x 2160 dan tampilan retina adalah istilah Apple untuk menggambarkan resolusi tinggi ini.

Meskipun memiliki resolusi yang sangat tinggi dengan ketajaman luar biasa, layar 4K juga akan menghabiskan lebih banyak sumber daya untuk menguras baterai lebih cepat. Jika Anda benar-benar tidak melakukan pekerjaan yang membutuhkan resolusi sangat besar (seorang desainer tampaknya membutuhkan tampilan resolusi lebih tinggi), coba saja tampilan resolusi Full HD.

Jangan berusaha terlalu keras jika anggaran Anda tidak cukup, layar 1366 x 768 benar-benar cukup. Multitasking masih dapat dilakukan, meskipun terbatas pada dua aplikasi secara bersamaan (kiri dan kanan). Bagaimana jika Anda membutuhkan lebih dari dua? Cukup gunakan ALT + TAB.

Kecepatan CPU

Kecepatan CPU memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja laptop kita. CPU (atau prosesor) memiliki berbagai spesifikasi, yaitu ukuran memori cache, jumlah core, frekuensi, dll. Spesifikasi ini tidak perlu dianalisis secara menyeluruh. Laptop dengan prosesor Intel Core i5 sangat baik untuk sebagian besar kebutuhan pemrograman.

Jika dana Anda terbatas, prosesor Intel Core i3, bahkan Dual Core, juga dapat digunakan jika kebutuhan hanya untuk pemrograman web.

Jumlah memori (RAM)

Untuk kebutuhan pemrograman web, laptop dengan memori 2GB sudah cukup. Akan lebih baik jika Anda bisa menggunakan memori minimal 4GB. Intinya, semakin besar RAM, semakin baik. Jika ada peningkatan yang tidak terduga sedikit demi sedikit.

Pengecualian untuk pemrogram yang membutuhkan pekerjaan berat, seperti pemrogram Android atau pengembang game yang menggunakan mesin seperti Unity, Unreal, dan sejenisnya. Untuk jenis pekerjaan ini, kita harus memiliki ingatan yang hebat. Untuk Android, 4GB adalah standar minimum hanya untuk Android Studio, dengan waktu muat yang dapat melatih kesabaran kami. Penulis tidak dapat membayangkan menggunakan Android Studio pada laptop di bawah 4GB, itu pasti akan bekerja sangat, sangat lambat. Karena itu, jika pembaca sedang melakukan pemrograman Android atau pemrograman lain yang membutuhkan banyak sumber daya, gunakan setidaknya 8 GB RAM yang dapat bekerja dengan lancar dan nyaman.

Karena umumnya RAM memiliki dua slot, proses peningkatan lebih mudah dan lebih murah. Dengan dana terbatas, kita dapat membeli laptop dengan 4GB RAM dan kemudian menambahkan lebih banyak dengan 4GB RAM sehingga ukurannya menjadi 8GB. Teknik seperti ini dapat membantu menghemat uang.

Jenis dan ukuran hard drive

Selama ini, penulis belum benar-benar memperhatikan pentingnya menggunakan SSD. HDD normal sudah cukup, setidaknya dengan HDD kita dapat bekerja tanpa hambatan. Namun, jika ternyata pekerjaan yang dilakukan masih terasa lambat meskipun Anda sudah memiliki spesifikasi laptop yang “bagus”, coba pikirkan tentang menggunakan SSD. Yuks cek cek laptop yang cocok untuk kamu di Toko Laptop Pekanbaru dengan harga terbaik.

Harga SSD cukup mahal. Untuk 128 GB, hanya kisaran harganya antara 700 ribu dan 1 juta, di mana pada harga yang sama kita dapat membeli HDD umum hingga 1 TB. Tapi harganya tidak bohong, kecepatan SSD jauh, jauh lebih tinggi. Jadi jadwalkan satu hari untuk meningkatkan ke setidaknya SSD untuk sistem (128GB sudah cukup). Untuk data lain (film, lagu, dokumen, musik) dapat disimpan pada HDD normal.

Keyboard

Apa yang paling sering dilakukan oleh programmer? Tentu saja menulis kode. Memiliki keyboard yang nyaman untuk dikodekan sangat berpengaruh bagi seorang programmer. Kelancaran saat ditekan, Anda mendapatkan umpan balik, jarak dari satu tombol ke tombol lainnya terdengar seperti omong kosong. Tapi percayalah, keyboard yang bagus tidak hanya penting bagi para gamer, tetapi juga untuk seorang programmer.

Sistem operasi

Baik untuk pemrograman atau penggunaan normal, ada tiga sistem operasi yang paling banyak digunakan, Linux, Windows, dan OS X. Jika jenis pemrograman yang dilakukan tidak dibatasi oleh vendor Anda, maka sistem operasi apa pun dapat digunakan. Jenis pemrograman apa yang terbatas, jadi kita harus menggunakan salah satu dari sistem operasi ini?

iPhone, iPad, OS X dan produk Apple lainnya. Untuk membuat aplikasi untuk produk Apple, kita harus menggunakan OS X, yang berarti bahwa kita harus menggunakan laptop tipe Macbook. Membangun aplikasi untuk produk Apple tidak dapat dilakukan di luar sistem operasi buatan, jadi kami tidak dapat menggunakan Linux dan Windows.

Pemrograman game. Ada juga banyak mesin gim yang dapat digunakan pada ketiga sistem operasi ini, tetapi beberapa mesin gim populer hanya dapat digunakan pada Windows atau Windows dan Mac.Contoh dari mesin gim tersebut adalah Construct 2 (Construct 3 sudah cross-platform), Corona , GameMaker Studio, GameSalad, RPG Maker dan Frostbite.

Kartu Grafis

Selain pengembang game (terutama yang menggunakan mesin game 3D), kartu grafis memiliki sedikit efek dalam pengkodean. Jadi, untuk menghemat biaya, kita bisa memilih laptop dengan kartu grafis biasa (kartu grafis terintegrasi). Kecuali jika pembaca juga ingin bermain game di laptop, kartu grafis eksternal adalah yang harus dimiliki.

Penutup

Kesimpulannya, tidak ada laptop “terbaik” untuk pemrograman. Semua laptop dapat digunakan untuk pemrograman (kecuali untuk beberapa jenis pemrograman yang telah dibahas), jadi yang tersisa hanyalah menempel pada anggaran.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu pembaca menentukan pilihan laptop yang akan digunakan untuk pemrograman.

Jika pembaca memiliki pendapat lain tentang hal ini, jangan ragu untuk berkomentar. Penulis mengharapkan komentar dan saran dari pembaca ketika memilih laptop untuk pemrograman.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *